Nama
Sekolah : SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII/Dua
Materi Pokok : Segitiga dan Segiempat
Alokasi Waktu : 5 x 5 JP (10 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
3.6 Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya
untuk menentukan keliling dan luas
3.8
Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak
beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
|
3.6.1
Mengidentifikasi
dan menjelaskan benda-benda dengan permukaan berbentuk segitiga atau segi
empat
3.6.2
Mendiskusikan
dan menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang dan
segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
3.6.3
Mendiskusikan
dan menjelaskan ccara menghitung luas segiempat lainnya (trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang), atau bangun gabungan melalui
pengamatan atau eksperimen
3.6.4
Mendiskusikan,
membahas dan menjelaskan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan sisi-sisi, sudut pada segitiga dan segiempat serta masalah
keliling dan luas
3.8.1
Mendiskusikan
cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan
|
|
4.7
Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang,
persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat,dan layang-layang
|
4.7.1
Menggambar
atau melukis segitiga dan segiempat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan
modelnya
4.7.2
Membuat
bangun segiempat tertentu serta mendiskusikan dan mengidentifikasi
sifat-sifat persegi, persegi panjang, trapesium, jajaran genjang, belah
ketupat dan layang-layang melalui bangun-bangun datar
4.7.3
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah difahami,
keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segitiga dan segiempat yang
dikuasai
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalaui proses belajar siswa dapat:
- Melalui kegiatan diskusi atau pengamatan peserta didik mampu menjelaskan benda-benda dengan permukaan berbentuk segitiga atau segiempat.
- Melalui kegiatan kelompok dan pengamatan peserta didik mampu menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas pertsegi panjang dan segitiga, serta menghitungnya bertdasarkan tugas mandiri.
- Melalui kegiatan mandiri peserta didik mampu menghitung luas segiempat lainnya (trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang).
- Melalui kegiatan diskusi dan mandiri peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan sisi-sisi, sudut pada segitiga dan segiempat serta masalah keliling dan luas.
- Melalui kegiatan mandiri peserta didik mampu melukis segitiga dan segiempat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan modelnya serta mengidentifikasi sifat-sifatnya
D. Materi Pembelajaran
·
Persegi Panjang dan Persegi
·
Jajar Genjang
·
Belah Ketupat
·
Layang-layang
·
Trapesium
·
Luas Bangun tak beraturan
·
Jenis-jenis segitiga
·
Garis istimewa pada segitiga
·
Melukis segitiga
·
Besar sudut-sudut segitiga
·
Keliling dan luas segitiga
(Buku siswa hal. 31
s.d 90, Penerbit Erlangga K13)
(Mandiri Matematika
1 hal. 103 s.d 124, Erlangga K13)
E. Pendekatan/Model dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Discovery learning
3.
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, Pemberian tugas, diskusi kelompok
F. Media Pembelajaran
1.
Media
Gambar, Lembaran Kerja Mandiri / Kelompok, Lembar Projek
2.
Alat dan bahan
Papan Tulis, Buku Siswa, kertas berpetak, busur derajat
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN 1 (3 JP / 120 Menit)
Pendahuluan (30 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru menyampaikan pokok-pokok pembelajaran
untuk satu KD
4. Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
5. Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
6.
Motivasi : Tadabbur Alquran
Kegiatan Inti (70 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati gambar yang
berkaitan dengan penggunaan konsep segiempat
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya konsep segiempat
|
Menalar
|
-
-
-
|
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang konsep segiempat
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
Peserta didik bekerja/diskusi bersama untuk menentukan sifat
persegi panjang dan persegi
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan yang
diberikan oleh guru
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1.
Guru memberi penguatan tentang
nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2.
Guru memberi PR
3. Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Menentukan Keliling
Persegi panjang dan persegi
4.
Menutup dengan doa Kaffaratul
Majlis
PERTEMUAN 2 (2 JP / 80 Menit)
Pendahuluan (20 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru mengingatkan tentang konsep segiempat
4. Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
5. Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas kelompok disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
6.
Motivasi : menyampaikan hikmah “bertadabbur
tentang persegi panjang dan persegi”
7. Guru mengecek tugas-tugas peserta didik dan mengapresiasi
yang memiliki tugas yang baik
Kegiatan Inti (50 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati model-model
persegi panjang dan persegi untuk menentukan kelilingnya
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya cara
menentukan keliling persegi panjang dan persegi
|
Menalar
|
-
|
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan yang
diberikan oleh guru
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru memberi Tugas Diskusi
3. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Masalah
Luas Persegi Panjang dan Persegi
4. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 3 (3 JP / 120 Menit)
Pendahuluan (30 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru menyampaikan hasil belajar secara ringkas
materi lalu
4. Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
5. Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
6. Motivasi : menyampaikan pentingnya sikap disiplin
dan percaya diri (menjadi seorang mukmin yang mutqin)
7.
Guru mengecek kemampuan peserta
didik terhadap materi
pelajaran lalu
Kegiatan Inti (70 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
-
|
Peserta didik mengamati buku teks (membaca), lalu menemukan informasi
tentang masalah Luas sebuah bangun
Peserta didik mengamati cara menentukan
Luas persegi panjang dan persegi kemudian mendiskusikannya
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya masalah luas
persegi panjang dan persegi
|
Menalar
|
-
-
|
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang
perbedaan konsep keliling dan
luas
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan pada buku tugas matematika
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Masalah
Jajargenjang dan Belah Ketupat
3. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 4 (2 JP / 80 Menit)
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3. Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
4.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
5.
Motivasi : tadabbur Alquran
6. Guru mengecek kemampuan peserta
didik dengan tanya jawab tentang materi
Luas dan Keliling sebuah bangun datar
Kegiatan Inti (50 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati buku teks, lalu menemukan informasi tentang sifat-sifat
jajar genjang dan belah ketupat
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya sifat-sifat
jajar genjang dan belah ketupat
|
Menalar
|
-
-
-
|
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat
jajar genjang dan belah ketupat
Peserta didik menemukan keliling
jajar genjang dan belah ketupat
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah luas
jajar genjang dan belah ketupat
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihanyang
diberikan oleh guru
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru memberi Kesimpulan Tentang Materi Segiempat Secara Umum
3. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni
Masalah Layang-layang dan Trapesium
4. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 5 (3 JP / 120 Menit)
Pendahuluan (30 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru menyampaikan hasil belajar secara ringkas
materi lalu
4.
Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
5.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
6. Motivasi : menyampaikan pentingnya sikap santun
dan saling menghargai (ukhuwah islamiyah)
7.
Guru mengecek kemampuan peserta
didik terhadap materi
pelajaran lalu
Kegiatan Inti (70 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati buku teks, lalu menemukan informasi tentang sifat-sifat
Layang-layang dan trapesium
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya sifat-sifat
layang-layang dan trapesium
|
Menalar
|
-
-
-
|
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat
layang-layang dan trapesium
Peserta didik menemukan keliling
layang-layang dan trapesium
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah luas
layang-layang dan trapesium
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihanyang
diberikan oleh guru
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru memberikan tugas projek kepada peserta didik
3. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Luas
bangun tak beraturan
4. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 6 (2 JP / 80 Menit)
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3. Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
4. Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
5.
Motivasi : tadabbur Alquran
6. Guru mengecek kemampuan peserta
didik dengan tanya jawab tentang Bangun
tidak beraturan
Kegiatan Inti (50 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati buku teks, lalu menemukan informasi tentang bangun
tidak beraturan
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya cara
menentukan luas bangun tidak beraturan
|
Menalar
|
-
|
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan pada buku teks matematika
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru memberi Kesimpulan Tentang Materi Segiempat Secara Umum
3. Guru menginformasikan kesiapan peserta didik untuk mengikuti Ulangan Harian pada
pertemuan berikutnya
4. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 7 (3 JP / 120 Menit)
Pendahuluan (30 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru menyampaikan hasil belajar secara ringkas
materi lalu
4.
Guru menginformasikan tentang Ulangan Harian (1 JP) dan Materi segitiga
(2JP)
5.
Motivasi : menyampaikan pentingnya sikap Jujur
Kegiatan Inti (70 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati buku teks (membaca), lalu menemukan informasi
tentang bangun datar segitiga
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya masalah Segitiga
|
Menalar
|
-
-
-
|
Secara mandiri Peserta didik menyelesaikan soal ulangan Harian
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang konsep segitiga
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan yang
diberikan oleh guru
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Garis
Istimewa Pada Segitiga
3. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 8 (2 JP / 80 Menit)
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
4.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai
tanya jawab, pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal,
pemajangan hasil latihan)
5.
Motivasi : tadabbur Alquran
6.
Guru mengecek kemampuan peserta
didik dengan tanya jawab tentang segitiga
Kegiatan Inti (50 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati buku teks (gambar), lalu menemukan informasi tentang Garis
Istimewa pada segitiga
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya garis
istimewa pada segitiga
|
Menalar
|
-
-
|
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang garis
istimewa pada segitiga
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan pada buku teks matematika
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru memberi PR
3. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Melukis
segitiga dan menentukan besar sudut-sudut, keliling dan luas segitiga
4. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 9 (3 JP / 120 Menit)
Pendahuluan (30
menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
4.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan tugas mandiri disertai tanya jawab,
pembahasan latihan secara klasikal, pembahasan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
5.
Motivasi : tadabbur Alquran
6.
Guru mengecek kemampuan peserta
didik dengan tanya jawab tentang Besar
sudut-sudut segitiga
Kegiatan Inti (70 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Mengamati
|
-
|
Peserta didik mengamati buku teks (gambar), lalu menemukan informasi tentang Sudut-sudut,
keliling dan luas segitiga
|
Menanya
|
-
|
Peserta didik termotivasi bertanya menentukan
keliling dan luas segitiga
|
Menalar
|
-
|
Peserta didik bekerja/diskusi bersama menyelesaikan masalah yang
disampaikan oleh guru
|
Mengasosiasi
|
-
|
Peserta didik mengerjakan Latihan pada buku teks matematika
|
Mengkomunikasikan
|
-
|
Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, yang lainnya memberi
apresiasi dan tanggapan
|
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru memberi Tugas Rumah
3. Guru menginformasikan kesiapan ulangan harian KD 1 pada pertemuan berikutnya
4. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
PERTEMUAN 10 (2 JP / 80 Menit)
Pendahuluan (15 menit)
1.
Guru memulai dengan membaca khutbatul hajat
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik;
3.
Guru mengumpulkan tugas-tugas peserta didik;
4.
Guru menginformasikan cara mengikuti ulangan harian
5.
Guru mengecek kesiapan peserta didik mengikuti ulangan harian
6.
Guru memberikan format
penilaian diri
Kegiatan Inti (45 menit)
Peserta didik mengerjakan soal Ulangan Harian (Penilaian Harian)
Kegiatan Penutup (20
menit)
1. Guru memberi penguatan tentang nilai nilai karakter dari hasil pertemuan
2. Guru menginformasikan meteri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, yakni Koordinat
Kartesius
3. Menutup dengan doa Kaffaratul Majlis
H. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
1. Hitunglah keliling dan luas persegi panjang yang memiliki ukuran :
- a. Panjang = 15 cm dan lebar = 8 cm
- b. Panjang = 2 kali lebar dan lebar = 5 cm
- a. Panjang rusuk = 7,5 cm
- b. Luas = 81 cm
- c. Keliling = 60 cm
4. Pada jajargenjang ABCD, panjang AB = 5 cm, BC = 7 cm dan besar <ABC = 1200 . Tuliskan besar sudut-sudut dan panjang sisinya yang lain!
5. Pada belah ketupat ABCD, besar <A = 3x derajat dan <B = 6x derajat. Tentukan :
- a. Nilai x
- b. Besar <C dan <D
7. Diketahui sebuah segitiga sama kaki ABC dengan panjamng AB = 12 cm dan AC = 8 cm. Hitunglah keliling segitiga tersebut!
8. Panjang sisi-sisi sebuah segitiga adalah 10 cm, 24 cm dan 26 cm. Hitunglah luas segitiga tersebut!
9. Sebuah layang-layang memiliki diagonal-diagonal 24 cm dan 25 cm. Berapakah luas layang-layang tersebut?
10. Perbandingan panjang sisi-sisi sejajar sebuah trapesium adalah 4 : 3. Jika tinggi trapesium itu adalah 8 cm, dan luasnya 84 cm2, hitunglah panjang sisi-sisi yang sejajar!
Pedoman Penskoran
No
|
Uraian Jawaban
|
Skor
|
Skor Maks
|
1
|
a. Diketahui : p = 15 cm
l = 8 cm
Ditanyakan : K dan L ?
Penyelesaian : K = 2 . (p + l)
= 2 . (15 cm + 8
cm)
= 2. (23 cm)
= 46 cm
L = p . l
= 15 cm . 8 cm
= 120 cm2
Jadi Keliling persegi panjang adalah 46 cm dan luasnya
120 cm2
|
2
1
3
2
1
3
2
1
|
15
|
b. Diketahui : p = 2l
l = 5 cm à p = 2 . 5 cm = 10 cm
Ditanyakan : K dan L ?
Penyelesaian : K = 2 . (p + l)
= 2 . (10 cm + 5
cm)
= 2. (15 cm)
= 30 cm
L = p . l
= 10 cm . 5 cm
= 50 cm2
Jadi Keliling persegi panjang adalah 30 cm dan luasnya 50
cm2
|
3
1
3
2
1
3
2
1
|
16
|
|
2
|
a. Diketahui : s =
7,5 cm
Ditanyakan : K dan L ?
Penyelesaian : K = 4 . s
= 4 . 7,5 cm
= 30 cm
L = s2
= (7,5 cm)2
= 56,25 cm2
Jadi Keliling persegi adalah 30 cm dan luasnya 56,25 cm2
|
2
1
3
2
1
3
2
1
|
15
|
b. Diketahui : L = 81
cm2
Ditanyakan : s dan K ?
Penyelesaian : L = s2
s =
![]()
=
![]()
= 9 cm
K = 4 . s
= 4. (9 cm)
= 36 cm
Jadi panjang rusuk persegi adalah 9 cm dan kelilingnya 36
cm
|
2
1
3
3
2
2
3
2
1
1
|
20
|
|
c. Diketahui : K = 60
cm
Ditanyakan : s dan L ?
Penyelesaian : K = 4 . s
s = K / 4
= 60 cm / 4
= 15 cm
L = s2
= (15 cm)2
= 225 cm2
Jadi panjang sisi persegi adalah 15 cm dan luasnya 225 cm2
|
2
1
3
3
2
1
3
2
1
|
18
|
|
3
|
Diketahui : p : l
= 3 : 2
K = 70 cm
Ditanyakan : L ?
Penyelesaian : K = 2. (p + l)
70 cm = 2. (p +
![]()
70 cm = 2. (
![]()
p = (3 . 70 cm) / (2. 5)
p = 21 cm
p : l = 3 :
2
21 : l = 3 :
2
l =
(2/3) 21 cm
l = 14 cm
L = p .l
= 21 cm . 14 cm
= 294 cm2
Jadi Luas persegi panjang adalah 294 cm
|
2
1
3
3
2
1
3
2
3
2
1
|
23
|
4
|
![]()
BC = 7 cm
<ABC = 1200
Ditanyakan : CD, AD, <A,
<C dan <D ?
Penyelesaian : CD = AB
CD = 5 cm
AD = BC
AD = 7 cm
<
A + < B = 1800
< A = 1800 - <B
< A = 1800 – 1200
< A = 600
< A = < C
= 600
< D = < B = 1200
|
2
2
2
2
2
3
2
1
2
2
|
20
|
5
|
![]()
<B = 6x0
Ditanyakan : a. Nilai x
b. <C dan <D
Penyelesaian :
a. (1/2)<A + (1/2)<B + 900 = 1800
(3/2)x +
(6/2)x = 180 – 90
(9/2)x = 90
x = 20
b. <C = <A = 3 . 20 = 600
<D = <B = 6 .20 = 1200
|
2
2
1
3
2
1
2
2
|
15
|
6
|
2x + (x+16) + (4x+10) = 180
2x + x + 4x + 16 + 10 = 180
7x + 26 = 180
7x =
180 – 26
7x =
154
x = 22
Jadi, nilai x = 22
|
3
2
2
1
2
|
10
|
7
|
Diketahui : AB =
12 cm
AC = 8 cm
Ditanyakan : K?
Penyelesaian : AB = BC = 12 cm
K = AB + BC + AC
= 12 cm + 12 cm
+ 8 cm
= 32 cm
Jadi Keliling segitiga adalah 32 cm
|
2
1
1
3
2
1
|
10
|
8
|
Diketahui : a = 10
cm ; b = 24 cm ; c = 26 cm
Ditanyakan : L?
Penyelesaian : s = ½ (a + b + c)
s = ½ (10 + 24 + 26)
= ½ . 60
s = 30
L =
![]()
=
![]()
=
![]()
=
![]()
=
![]()
= 6 x 5 x 4
= 120
Jadi Luas segitiga adalah 120 cm2
|
2
1
3
2
1
3
3
2
2
1
|
20
|
9
|
Diketahui : d1
= 24 cm
d2 = 25 cm
Ditanyakan : L?
Penyelesaian : L = ½ . d1 . d2
L = ½ . 24 cm . 25 cm
= 12 cm . 25 cm
= 300 cm2
Jadi Luas layang-layang adalah 300 cm2
|
2
1
3
2
1
1
|
10
|
10
|
Diketahui : a : b
= 4 : 3 à a = (4/3).b
t = 8 cm; L = 84 cm2
Ditanyakan : a dan b?
Penyelesaian : L = ½ . (a + b) . t
84 = ½ . (
![]()
84 = ½ . (
![]()
84 = (
![]()
b = (6 . 84) / (7 . 8)
b = 9
a = (4/3) . b = (4/3). 9 = 12
Jadi panjang sisi-sisi yang sejajar adalah 9 cm dan 12 cm
|
3
1
3
2
2
2
2
1
|
16
|
Jumlah
|
208
|
208
|
Keterampilan (Tugas Projek)
Menjadi Arsitek
Dalam projek ini, kalian akan membuat gambar yang berkaitan materi segitiga dan segiempat. Bacalah petunjuk dengan seksama sebelum membuat projek ini. Bersiaplah untuk menjelaskan gambar antum di depan kelas.
Alat dan Bahan:
• Alat ukur: penggaris, busur derajat, kertas berpetak
• Kertas gambar A4
Petunjuk:
1. Perhatikanlah objek disekitarmu yang ada bentuk sigitiga atau segiempatnya
2. perkirakanlah ukuran bagian-bagian yang kalian lihat dalam satuan cm.
3. Tentukan ukuran-ukuran bagian yang akan kalian gambar di kertas.
4. Gambarlah objek yang kalian lihat dan berilah warna atau tekstur pada vagian yang berbentuk segitiga atau segiempat.
Setelah kalian selesai membuat gambar, tuliskan laporan yang meliputi:
a. Luas dan keliling setiap bagian segitiga dan segiempat yang telah diberi warna / tekstur.
b. sudut-sudut setiap bangun segitiga dan segiempat.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Darmi, S.Ag., M.Pd.I.)
|
Makassar,
....................2015
Guru Mata Pelajaran
Nasrul, S.Pd.
|
============================================
No comments:
Post a Comment